7 Obat Flu Paling Mujarab

Flu sangat menganggu aktivitas keseharian anda dan terlebih dapat menular kepada orang lain termasuk didalam kehidupan berkeluarga. flu merupakan virus yang dapat di tularkan melalui udara, maka diharuskan untuk penderita flu menggunakan masker agar tidak tertular ke orang lain. 

flu biasanya mulai datang pada musim hujan ketika suhu udara sedang dingin, akan tetapi flu juga dapat menyerang ketika cuaca sedang panas dikarenakan imunitas tubuh sedang menurun atau lemah, dan disarankan menjaga tubuh untuk tetap fit dengan cara berolah raga, pola makan yang baik dn istirahat yang cukup. dan biasanya flu sangat lama sembuh jika kondisi tubuh dalam keadaan kurang fit ataupun kecapean.

Adapun pengobatan flu dapat dilakukan secara alami atau menggunakan bahan tradisional seperti berikut :

jahe sudah lama dikenal masyarakat indonesia sebagai obat paling mujarab dalam menyembuhkan flu, karena didalam jahe terdapat kandungan yang dapat menjaga vitalitas tubuh. sehingga dapat mempercepat penyembuhan flu.untuk saran penyajian dapat dilakukan seperti berikut :

- siapkan 2 ruas jahe berukuran sedang, kemudian cuci sampai bersih
- setelah bersih kemudian jahe di bakar di atas api sampai permukaan luar sedikit agak gosong 
- jahe di geprek dengan menggunakan ulekan sampai air sari jahe keluar
- kemudian masukkan 2 gelas air kedalam panci dan setelah air mendidih masukkan jahe yang sudah di geprek tadi.
- setelah sari jahe dirasa telah tercampur dengan air rebusan, kemudian angkat dan tambahkan daun serai sebagai tambahan agar baunya wangi
- tuangkan air rebusan jahe ke dalam gelas, dan jika suka rasa manis dapat di tambahkan irisan gula merah atau madu murni secukupnya.
- segera minum ketika air rebusan jahe sedang hangat
- lakukan berulang sampai flu benar benar sembuh

2. Sup hangat 
Kebiasaan orang orang tiongkok ketika sedang sakit adalah dengan meminum sup hangat yang ditambahkan dengan ayam, sayuran dan rempah-rempah alami yang berkhasiat untuk menjaga vitalitas tubuh. selain untuk vitalitas juga sup hangat dapat membantu menyembuhkan penderita flu dengan di konsumsi secara teratur. 

Lendir didalam hidung dan tenggorokan menjadi lebih ringan dan dapat keluar melalui saluran pencernaan secara bersamaan dengan mengkonsumsi sup hangat.

3. Bawang Putih Tunggal
bawang putih tunggal dipercaya sebagian orang sebagai obat anti masuk angin dan sebagai obat untuk menjaga vitailtas tubuh. tapi selain itu dapat membantu juga dalam menyembuhkan flu, karena terdapat kandungan minyak allicin. tapi apa beda bawang putih biasa yang ada di pasar dengan bawang putih tunggal?

Perbedaan nya adalah bawang putih tunggal memiliki bentuk lebih kecil dengan jumlah buah satuan dan tidak seperti bawang putih biasa yang memiliki banyak buah yang saling menempel. akan tetapi jika tidak mendapatkan bawang putih tunggal dapat digantikan dengan bawang putih biasa dengan cara di makan mentah mentah tanpa diolah menjadi masakan.

4. Terapi air panas dan kayu putih 
terapi ini biasanya dilakukan kepada bayi yang berusia di atas 3 tahun, akan tetapi dapat dilakukan juga terhadap orang dewasa, yaitu dengan cara berikut:

- Siapkan air panas sebanyak setengah ember sedang
- gunakan sarung yang berfungsi nantinya sebagai penutup seluruh tubuh.
- setelah itu simpan air panas didalam ember tadi di depan tubuh, kemudian campurkan air panas dengan minyak kayu putih secukupnya sampai tercium wangi
- tutup seluruh tubuh anda dengan sarung, dan hiruplah uap yang dihasilkan dari campuran air panas dan minyak kayu putih
- lakukan cara itu sampai flu anda menjadi sembuh. 

5. Teh hijau
Manfaat teh hijau sangat banyak khasiatnya, banyak orang yang menggunakannya sebagai minuman kesehatan yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan dini dan berkhasiat untuk meluruhkan lemak didalam perut juga mempunyai khasiat sebagai minuman untuk relaksasi. kandungan zat antioksidan didalamnya berfungsi untuk menjaga imunitas sehingga dapat membantu menjaga tubuh dari serangan flu dan pilek.

6. Buah nanas, stroberi, jeruk dan tomat
Buah buahan yang memiliki banyak kandungan vitamin C, berfungsi untuk membantu mencegah flu dan pilek sehingga anda yang belum terserang penyakit pilek dan flu dapat menjadikan buah buahan kaya vitamin C sebagai nutrisi tambahan bagi tubuh sebagai langkah pencegahan dari berbagai penyakit. buah buahan tersebut dapat dimakan secara langsung ataupun diolah menjadi minuman berupa jus buah.

7. Minyak kayu putih
minyak kayu putih dihasilkan dari pohon gelam atau dengan nama latin: Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron dan dilakukan dengan cara penyulingan, sehingga ekstrak dari pohon kayu putih itulah yang menjadi minyak kayu putih yang biasa dikemas didalam botol. khasiatnya lumayan banyak dan salah satunya adalah sebagai pereda flu dan pilek, dengan cara mengoleskan minyak kayu putih di sekitar bagian luar hidung,tenggorokan,dan bagian dada agar terasa hangat dan dapat mencairkan lendir atau ingus yang nantinya dapat terbuang bersamaan dengan feses. sehingga efek nya adalah hidung menjadi terasa lebih ringan dan tidak mampet karena ingus berlebihan.

0 Response to "7 Obat Flu Paling Mujarab"

Post a Comment