6 benjolan pada gusi yang berbahaya


Awas benjolan di gusi bisa berbahaya, perhatikan ciri-ciri dan penyebabnya banyak orang yang tidak sadar ketika gusi mereka memiliki benjolan atau bengkak di sekitar gusi dan disertai rasa sakit dan apakah itu berbahaya bagi kesehatan ? 

jadi kenali apa sebab terjadi dan ciri ciri benjolan tersebut, sehingga kita dapat mencegahnya dari penyakit kanker atau tumor yang mematikan dan sulit disembuhkan jika benar itu terjadi. Sangat disayangkan jika kita tidak terlalu waspada dan mengabaikan kesehatan di sekitar gigi yang biasanya orang-orang anggap sepele. Dan disini kita akan membahas mengenai ciri-ciri dan penyebab benjolan di gusi.

Inilah ciri-ciri dan penyebab benjolan pada gusi yang perlu anda tahu

1. Kista
Kista biasanya ditemukan pada organ wanita yang menimbulkan efek negatif pada rahim sehingga dapat berakibat buruk terhadap anak yang akan dilahirkan. Tapi kista disini terjadi pada gusi dan ciri ciri nya adalah terbentuknya berupa gelembung dengan ukuran kecil berisi udara, cairan atau bahan lunak lainnya. Kista gigi dapat terbentuk pada gusi sekitar gigi dan lebih banyak terbentuk pada akar gigi yang telah mati atau gigi tidak dapat tumbuh lagi .

benjolan ini dapat tumbuh dan berkembang menjadi besar secara perlahan dan bisa terjadi rasa sakit dan mengganggu. Untuk penyembuhan kista pada gigi dapat dilakukan pengangkatan kista dengan bedah kecil atau bedah sederhana dan lumayan mudah untuk dihilangkan dengan prosedur bedah tersebut dan juga jaringan akar mati pada bekas kista diangkat dan dihilangkan  untuk mencegah kista tumbuh kembali.

2. Abses
Abses yang terjadi pada gusi disebut dengan abses periodental , penyebab dari abses gusi biasanya diakibatkan dari infeksi bakteri, sehingga terjadi penumpukan nanah dan membentuk kantung abses di sekitar gusi, biasanya ciri cirinya lunak saat disentuh dan terasa sedikit sakit. 

Adapun gejala pada abses adalah seperti berikut ;
Pada gusi terasa sakit berdenyut dan terjadi secara tiba tiba
Biasanya sakit menyebar ke sekitar rahang , leher, dan telinga
Rasa semakin sakit ketika dalam keadaan tidur terbaring
Memiliki warna kemerahan dan ada sedikit warna kuning pada kantung gusi (abses)

Untuk penyembuhan dapat dilakukan oleh dokter gigi secepat mungkin agar bengkak tidak menjadi lebih besar. Dokter akan segera melakukan pembersihan nanah pada sumber bengkak . dan jika abses terlalu parah maka dokter bisa melakukan cabut gigi atau perawatan.

3. Fibroma Oral
Fibroma adalah benjolan yang terjadi dikarenakan tumor jinak dan biasanya berukuran kecil dan biasa terdapat pada jaringan kulit di sekitar wajah dan kulit pada sekitar tubuh lainnya, tapi tumor jinak bisa terjadi juga pada bagian mulut dan gusi atau biasa disebut juga dengan  Fibroma oral.

Fibroma oral adalah benjolan atau tumor jinak yang terjadi pada jaringan gusi yang mengalami iritasi atau terluka. Adapun penyebab nya bisa disebabkan oleh iritasi pergantian gigi palsu yang terlalu sering. Benjolan ini tidak terasa sakit dan berbentuk seperti gumpalan keras pada sekitar gusi dan terasa halus. 

Dari warna terlihat gelap atau lebih terang jika dibandingkan dengan gusi yang normal dan sehat. Penyembuhan dilakukan oleh dokter ahli bedah dengan mengangkat fibroma oral dan perawatan agar tidak terulang kembali. walaupun termasuk tumor jinak tetap saja kita harus waspada dan selalu memperhatikan kesehatan gigi dan mulut agar tidak rugi di kemudian hari.

4. Granula piogenik
Benjolan ini berwarna merah yang terjadi pada gusi didalam mulut, dan kantung benjolan ini berisi darah dan mudah sekali membesar jika kandungan darahnya banyak. Penyebabnya adalah iritasi atau luka ringan. Bisa terjadi juga pada wanita yang sedang hamil karena perubahan hormon tapi sangat jarang, adapun gejala adalah sebagai berikut ;
Terasa lunak
Tidak ada rasa sakit
Merah tua atau ungu

5. Torus Mandibula
Torus mandibula adalah pertumbuhan tulang pada rahang atas ataupun rahang bawah, penyebab dari benjolan ini belum diketahui tapi tidak berbahaya hanya saja saat makan terasa tidak nyaman dikarenakan adanya benjolan dan mempersempit ruang didalam mulut. biasanya terasa keras dengan permukaan yang lembut dan halus, dan jarang dilakukan perawatan

6. Kanker mulut
kanker mulut terjadi pada daerah manapun  di sekitar mulut, tumor ganas pada gusi ini mungkin terlihat seperti kecil berupa benjolan atau kulit yang tebal. tapi benjolan ini bisa menjadi berukuran besar dengan berjalan nya waktu. 

adapun ciri ciri nya adalah sebagai berikut:
Sakit nya tidak sembuh selama tidak dilakukan pengangkatan
Berwarna bercak putih atau merah pada gusi
mudah sekali berdarah 
lidah terasa sakit
rahang terasa sakit
gigi menjadi lemah
sakit saat mengunyah dan menelan makanan
sakit tenggorokan


0 Response to "6 benjolan pada gusi yang berbahaya"

Post a Comment